5 DEWA TERKUAT DALAM MITOLOGI YUNANI!

Setiap negara atau bangsa pasti punya cerita rakyatnya masing-masing. Terlebih di negara Yunani sana dimana terdapat cerita mitologi tentang dewa-dewa yang menguasai bumi dan segala isinya. Di Indonesia sendiri terdapat banyak cerita rakyat. Salah satu yang terkenal adalah cerita tentang Malin Kundang. Bos yakin kamu pasti udah pernah denger ceritanya yah.. Jadi gak perlu diceritain lagi. Hehehe…

Nah kali ini Ranking Bos akan membahas tentang dewa-dewa terkuat dalam mitologi Yunani yang memang ceritanya cukup terkenal sampai ke penjuru dunia. Bahkan Disney sendiri pernah mengangkat kisah Hercules dalam film animasinya. Okay tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung aja kita tonton videonya folks!

 

5. Hermes

Hermes adalah dewa pembawa pesan dalam mitologi Yunani. Hermes dilahirkan di Gunung Kellina di Arkadia. Hermes adalah anak dari Zeus dan Maia serta merupakan salah satu dewa Olimpus. Hermes adalah pelindung daerah perbatasan, para pengelana, gembala, pencuri, penipu, pidato, sastra dan puisi, olahraga, pengukuran, penemuan, serta perdagangan. Simbolnya meliputi kura-kura, ayam jantan, sandal bersayap, topi bersayap, dan kadukeus(tongkat yang dia dapat dari Apollo atas penemuan Lira).

Selain menemukan lira, Hermes juga dipercaya menemukan berbagai jenis olahraga seperi gulat, balap, dan tinju sehingga dianggap sebagai dewa atletik. Hermes adalah dewa termuda kedua di antara dewa Olimpus setelah Dionisos. Pada malam setelah dia lahir, dia mencuri ternak milik Apollo. Hermes berhubungan dengan Afrodit dan memiliki anak bernama Hermafroditos.

 

4. Ares

Ares merupakan dewa perang dalam mitologi Yunani. Ares adalah anak dari Zeus dan Hera yang termasuk dalam 12 Dewa Olimpus. Dua pengawal utamanya adalah Fobos dan Deimos.

Ares adalah dewa yang haus darah dan merupakan perwujudan dari pembunuhan. Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan, dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, serta keberanian. Burung hering dan anjing adalah binatang keramat bagi Ares.

Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Nama Mars menjadi nama salah satu planet yang dekat dengan bumi dan memiliki 2 bulan yang dinamai berdasarkan nama pengawalnya(Phobos dan Deimos). Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya.

 

3. Hades

Hades adalah dewa dunia bawah dalam Mitologi Yunani. Hades merupakan putra tertua dari Kronos dan Rhea. Dia bersama saudara-saudaranya mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia. Zeus, Poseidon, dan Hades melakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan dan Hades mendapat dunia bawah. Karena asosiasinya dengan dunia bawah, Hades sering dianggap sebagai dewa kematian meskipun bukan. Hades juga kadang-kadang disebut sebagai dunia bawah itu sendiri.

Simbol yang diasosiasikan dengan Hades yaitu Helm Kegelapan dan anjing berkepala tiga, Kerberos atau lebih dikenal dengan nama Cerberus.

 

2. Poseidon

Dalam mitologi Yunani, Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai, dan danau. Poseidon memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Trisula tersebut dibuat oleh para Kiklops semasa Titanomakhia.

Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos(makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon beristrikan Amfitrit dan memiliki anak bernama Triton. Poseidon juga adalah dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya merayu Demeter. Binatang kesukaannya adalah kuda dan banteng. Pohon pinus dikeramatkan baginya.

 

1. Zeus

Zeus adalah raja para dewa dalam mitologi Yunani. Dalam Theogonia karya Hesiodos, Ia disebut sebagai “Ayah para Dewa dan manusia”. Zeus tinggal di Gunung Olimpus. Dan adalah dewa langit dan petir.

Ia adalah anak dari Kronos dan Rea serta merupakan yang termuda di antara saudara-saudaranya. Ia menikah dengan adik perempuannya, Hera yang menjadi dewi penikahan. Zeus terkenal karena hubungannya dengan banyak wanita dan memiliki banyak anak. Zeus sering digambarkan oleh seniman Yunani dalam posisi berdiri dengan tangan memegang petir atau duduk di tahtanya.

 

Okay folks itulah 5 dewa dalam mitologi Yunani. Hmm jadi inget dengan game yang berjudul God of War dengan jagoannya yang bernama Kratos yah. Oiya kamu sudah subscribe belum? Kalau belum, yuk disubscribe dulu folks supaya kamu gak ketinggalan fakta-fakta menarik lainnya. Kalau udah subscribe, terima kasih yah. Bye-bye!