6 FAKTA TENTANG MOBIL KEPRESIDENAN AMERIKA SERIKAT YANG SANGAT TANGGUH!

Memiliki pengalaman buruk tentang beberapa presiden terdahulu mereka yang pernah tertembak mati, khususnya mantan Presiden John F. Kennedy yang tertembak didalam mobilnya membuat Amerika untuk lebih serius lagi dalam memberikan perlindungan penuh kepada kepala negara mereka.

Salah satunya adalah membuat sebuah mobil kepresidenan super tangguh untuk melindungi pemimpin mereka saat melakukan perjalanan. Terkenal dengan nama julukan The Beast, apa aja sih ketangguhan yang dimiliki oleh mobil ini? Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak videonya folks!

 

6. Gerak Sangat Lambat

Dengan bobot hampir 10 ton, the Beast memiliki gerakan yang sangat lambat. Akselerasi untuk mencapai kecepatan maksimumnya pada 96 km per jam membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Rasio bahan bakarnya cukup boros, yakni satu galon untuk jarak 8 mil. Bahan bakar yang digunakan adalah solar karena solar memiliki volatilitas yang rendah sehingga mengurangi resiko meledak.

Namun meskipun lambat, untuk bisa menjadi supir mobil ini diperlukan serangkaian latihan serta tes yang ketat sampai mendapatkan sertifikat untuk bisa mengendarainya.

 

5. Dibuat Oleh General Motors

General Motors adalah sebuah perusahaan otomotif yang memproduksi beberapa merk mobil terkenal seperti Chevrolet, GMC, Wuling, Cadillac, dsb. Untuk mobil presiden, AS memilih brand Cadillac untuk menjadi tunggangannya karena terkenal akan kemewahan dan ketangguhannya.

Tidak seperti mobil negara presiden sebelumnya, the Beast memiliki cukup banyak kesamaan dengan mobil produksi standar. Sasis, mesin diesel, dan transmisinya sama seperti yang digunakan truk komersil Chevrolet Kodiak. Hanya beberapa bagian lain yang bernuansa Cadillac yaitu lampu depan dari Cadillac Escalade dan lampu belakang dari Cadillac STS.

 

4. Selalu Dibawa Kemanapun Presiden Pergi

The Secret Service atau Dinas Rahasia AS menggunakan pesawat pengangkut Globemaster C-17 untuk mengangkut the Beast, beberapa limousin lain dan kendaraan komunikasi berlapis baja Chevrolet Suburban yang siap setiap saat ketika Presiden bepergian.

Mobil ini akan dikirim terlebih dahulu ketempat tujuan sebelum presiden. Sehingga saat presiden turun dari pesawat Air Force One di tempat tujuan, mobil ini sudah siap dan menunggu untuk digunakan.

 

3. Bagasi Dengan Peralatan Lengkap

Saat membuka bagasi the Beast, dikatakan bahwa Anda akan menemukan segala sesuatu dari peralatan pemadam kebakaran dan tangki oksigen, tabung gas air mata, senapan, dan konon peluncur granat terintegrasi ke The Beast. The Secret Service menilai ini diperlukan mengingat pengalaman dari Presiden John F Kennedy yang pernah tertembak.

 

2. Ada 2 Limousin Yang Sama Persis

Hal ini sengaja dilakukan oleh AS dengan alasan keamanan. Limousin lainnya yang memiliki spesifikasi yang sama juga disiapkan untuk menerima pejabat asing dan tamu VIP ketika mereka berada di Washington DC. Limousin lain ini digunakan ketika presiden tengah melakukan perjalanan yang dianggap riskan. Dengan dua limousin dalam satu rombongan, tentunya teroris pun akan bingung mobil mana yang sebenarnya ditumpangi presiden.

 

1. Sekuat Tank Baja

Mungkin tidak ada kendaraan berlapis baja terbaik selain limousin ini. The Beast menggunakan delapan lapis pelat baja setebal 8 inci dan berat pintunya sama dengan pintu pesawat Boeing 757. Jendela antipeluru memiliki ketebalan lima inci dan lima lapisan untuk meredam ancaman senjata. The Beast juga menggunakan ban Goodyear dengan ukuran seperti ban sebuah bus dan antibocor. Interiornya diklaim dapat menahan serangan kimia. Sementara sebuah busa khusus membungkus tangki bahan bakarnya untuk mengantisipasi kebocoran.

 

Okay folks itulah dia 6 fakta gila tentang mobil limousin dari kepresidenan Amerika Serikat. Gila banget yah fitur-fitur keamanan yang dimiliki mobil ini. Udah kayak mobilnya Nick Fury dalam film Avengers yah! Kalau kamu suka video ini, jangan lupa klik tombol like dan subscribe yah folks karena masih banyak fakta-fakta mernarik lainnya yang belum dibahas! Bye-bye!