Apa Itu IMEI Dan Apa Gunanya?

Setiap ponsel pasti memiliki nomor IMEI. Nomor IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Fungsi dari nomor tersebut adalah untuk mengenali ponsel tersebut. Nomor IMEI pada setiap ponsel pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya dan terdiri dari 15 atau 16 digit angka.

Lalu bagaimana cara kita melihat nomor IMEI yang terdapat pada ponsel kita?

Caranya sangat simpel yakni dengan mengetikan *#06# pada tombol dial ponsel kita. Atau cara lainnya adalah dengan melihat langsung pada box ponsel kita.

Kita juga bisa mencocokan nomor IMEI yang ada pada ponsel dengan nomor IMEI yang ada pada box ponsel kita. Apabila cocok, kemungkinan besar ponsel kita adalah resmi meskipun zaman sekarang banyak toko ponsel nakal yang memalsukan nomor IMEI dengan mencocokannya dengan nomor IMEI yang ada diponsel.

IMEI juga bisa membantu kita apabila ponsel tersebut hilang atau dicuri orang. Caranya adalah dengan datang ke gerai operator seluler yang kamu gunakan kemudian memberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang kita gunakan. Dengan begitu, ponsel kamu bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.

Untuk melacak smartphone Android yang hilang, kamu bisa juga menggunakan teknologi Google. Dengan catatan, smartphone kamu pernah terhubung ke Internet, GPS kita aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif.

Tinggalkan Balasan