Apakah Hiu Megalodon Masih Hidup? Atau Sudah Punah?

Seperti yang telah diketahui bahwa hiu megalodon adalah salah satu spesies hiu purba yang diperkirakan telah punah beberapa juta tahun yang lalu. Namun beberapa tahun terakhir banyak rekaman video yang menunjukan bahwa spesies hiu ini ternyata masih ada folks.

Sebelum membahas itu, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu sedikit tentang hiu purba terbesar satu ini. Hiu ini memiliki nama latin Carcharodon megalodon yang berarti monster hiu. Hiu ini memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan lebih besar dari beberapa spesies paus meskipun tidak sebesar paus biru sih. Panjangnya bisa mencapai 17 meter lho sedangkan paus biru bisa mencapai 33 meter. Hampir dua kalinya. Rahangnya yang besar memiliki kekuatan gigitan antara 110.000 hingga 180.000 newton. Gigi mereka tebal dan kuat, dan telah berevolusi untuk menangkap mangsa dan meremukkan tulang. Gak heran sih, panjang gigi dari hiu ini aja mencapai 120 mm atau 12 cm. Kalau kamu punya penggaris ukuran 15cm, yah dikurangin 3 cm aja.

Lalu apa sih yang menyebabkan punahnya hiu ini? Menurut penelitian, hewan buas satu ini memakan paus purba yang telah punah 3 juta tahun lalu yang memiliki ukuran lebih kecil dengan nama Piscobalaena nana. Karena sumber makanannya punah, otomatis hiu raksasa ini pun ikut punah.

Para peneliti memeriksa bekas gigitan pada fosil yang ditemukan di lepas pantai Peru. Di sana, mereka menemukan sisa-sisa beberapa paus purba yang telah punah dengan sayatan serta bekas gigitan yang sangat pas dengan gigi Megalodon.

Selain itu, hiu ini lebih menyukai perairan hangat, sehingga terdapat kemungkinan bahwa kemunduran spesies ini juga diakibatkan oleh zaman es yang memicu pendinginan samudra, penurunan permukaan laut, dan hilangnya tempat kelahiran dan pertumbuhan anak megalodon yang notabene menyukai perairan air hangat.  Ditambah lagi munculnya paus pembunuh dan hiu putih yang membuat megalodon kalah bersaing.

Kalau hiu megalodon punah karena paus mini punah, lalu apa yang menyebabkan paus mini punah? Hampir sama dengan megalodon, Piscobalaena nana punah saat periode awal glasial terjadi. Waktu itu, suhu air yang meningkat dan permukaan air laut yang menurun membuat mereka mati. Dengan kata lain, paus-paus ini mati kedinginan. Buat yang jomblo-jomblo, hati-hati yah..

Sebagai perbandingan, ini adalah ukuran dari beberapa hewan terbesar di dunia.

Disini terlihat jelas yah seberapa besar hiu megalodon ini. Lalu kalau dibandingkan dengan paus biru bagaimana? Nih perbedannya.. Ternyata paus biru hampir dua kali lebih besar dari megalodon yah!

Lalu apakah hiu megalodon belum punah seperti yang selama ini di isukan? Sampai saat ini belum ada bukti spesifik yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Mungkin saja memang spesies ini masih hidup namun sebelum benar-benar dibuktikan, jawabannya adalah hiu ini sudah punah folks. Menurut kamu sendiri bagaimana? Tulis komentarmu dibawah yah…!