Apple Sedang Mengembangkan Teknologi MicroLED

Meskipun bukan rahasia lagi bahwa Apple sedang mencoba mencari alternatif untuk mengganti layar besutan Samsung, namun ini adalah pertama kalinya informasi tersebut dikonfirmasi oleh badan informasi bergengsi.

Bloomberg melaporkan bahwa Apple telah mulai merancang dan memproduksi layar sendiri untuk pertama kalinya, menggunakan pabrik manufaktur “rahasia” yang telah dibangun dekat dengan markas besarnya di California.

Ternyata, Apple telah membuat lompatan yang besar menuju pengembangan dan pembuatan layar MicroLED generasi berikutnya, sebuah teknologi yang unggul dalam bidang layar OLED, namun jauh lebih mahal untuk digunakan pada layar ponsel .

Apple mulai berinvestasi pada teknologi MicroLED pada tahun 2014 ketika mengakuisisi LuxVue Technology, sebuah start-up yang dilihat sebagai pelopor MicroLED. Awalnya, diduga Apple akan mengenalkan layar MicroLED pertama ke Apple Watch, namun hal tersebut belum terjadi.

Layar MicroLED menggunakan berbagai komponen pemancar cahaya yang berbeda dari layar OLED, namun lebih tipis, lebih terang dan lebih hemat energi daripada OLED. Menurut sumber yang mengetahui situasinya, teknologi MicroLED yang sedang dikerjakan Apple sekarang berada pada tahap lanjut.

Meski begitu, produk massal pertama yang akan menyertakan layar MicroLED tidak akan siap tahun ini dan mungkin bahkan tidak untuk tahun berikutnya. Karena display MicroLED lebih sulit diproduksi daripada OLED, Apple bahkan mempertimbangkan untuk menghentikan total proyek ini tahun lalu.

Namun, para insinyur Apple telah membuat terobosan yang menyelamatkan semua pekerjaan yang sebelumnya telah mereka kembangkan dalam layar MicroLED. Sepertinya mereka sekarang telah membuat kemajuan yang mantap untuk mengubahnya menjadi teknologi massal.

Tinggalkan Balasan