Baterai iPhone Bocor karena Wireless Charging ?

Saat meluncurkan iphone 8, 8 plus, dan iphone X, Apple menyematkan fitur baru untuk ponsel terbarunya yaitu wireless charging. Wireless charging adalah proses pengisian kembali baterai tanpa melalui kabel.

Hal ini terbilang cukup inovatif serta memudahkan para penggunanya dalam melakukan pengisian daya. Namun beberapa waktu ini, ada laporan mengenai kekurangan dari fitur wireless charging. Hal itu adalah wireless charging bisa mengurangi kapasitas baterai handphone anda.

Adrian Kingsley Hughes seorang pemilik iphone 8 Plus yang curiga mengapa kinerja iphonenya semakin berkurang setelah ia mulai menggunakan wireless charging.

Adrian kemudian memasang aplikasi CoconutBattery untuk memantau recharge cyle iPhone 8 Plus miliknya. Recharge cycle adalah siklus pengisian baterai dari 0 hingga 100 persen dan berlaku kumulatif. Misalnya, pengguna memakai baterai ponsel 75 persen hingga tersisa 25 persen, lalu mengisi hingga 100 persen malam harinya. Apabila esok harinya baterai dipakai 25 persen, maka akan dihitung sebagai satu siklus pengisian.

Dari aplikasi tersebut diketahui bahwa iphone 8 plus milik Adrian sudah mengalami recharge cycle sebanyak 135 kali dalam waktu kurang dari 6 bulan. Padahal normalnya, dalam waktu 2-3 tahun, iphone hanya melakukan 500 kali recharge cycle.

Adrian mengatakan kemungkinan penyebabnya adalah baterai yang bekerja lebih keras ketika diisi secara wireless, ketimbang dengan kabel. Saat menggunakan wireless charging, daya baterai tetap digunakan untuk menyalakan ponsel, sehingga baterai tidak bisa beristirahat. Sedangkan jika menggunakan kabel, ponsel menyala dengan daya dari kabel (hanya ada beban minimal di baterai).

Adrian pun memutuskan untuk kembali menggunakan kabel untuk melakukan charging iphonenya dan menyarankan pengguna lain untuk tidak menggunakan wireless charging kecuali memang berencana untuk mengganti baterai kurang dari 2 tahun.

Tinggalkan Balasan