Berapa sih Keuntungan Apple dari Menjual HomePod ?

Gamodal.com – Apple telah resmi memasarkan speaker pintar HomePod pada 9 Februari 2018 lalu. Di Amerika Serikat speaker tersebut dibanderol seharga US$ 349 atau Rp 4,7 jutaan.

Lalu berapa sih keuntungan yang diperoleh Apple dari penjualan setiap Homepod ? Untuk mengetahuinya, kita harus tahu dulu berapa biaya produksi dari 1 homepod.

Analis dari TechInsight mengungkap, Apple mengeluarkan biaya produksi sebesar USD 216 (Rp 2,9 juta) untuk per unit HomePod. Sementara untuk keuntungan kotor per unitnya sebesar USD 133 atau Rp 1,7 juta (USD 1 = Rp 13.500).

Keuntungan kotor yang dimiliki Apple sebenarnya lebih rendah dari Amazon dan Google. Melalui speaker Echo pada 2015, Amazon memiliki gross margin sebesar 56%, dan Google setingkat lebih tinggi yakni 66%.

Sepertinya Apple rela untuk tidak mendapatkan untung yang terlalu besar agar bisa meningkatkan penjualan dari homepod itu sendiri serta untuk bisa menyaingi produk dari Amazon dan juga Google.

Apple HomePod sendiri saat ini baru tersedia di tiga negara yakni Amerika Serikat, Australia dan Inggris. Kira-kira kapan yah homepod bisa sampai ke Indonesia ? Kita tunggu saja deh..

Tinggalkan Balasan