CANGGIH! 5 FAKTA TENTANG PESAWAT TEMPUR F-16!

Setelah sukses mendatangkan jet supercanggih Shukoi Su-35 beberapa waktu lalu, angkatan udara Indonesia kini kembali dperkuat dengan kedatangan pesawat tempur legendaris F-16 di jajaran militernya. Pesawat tempur ini akan digunakan secara maksimal oleh para prajurit udara untuk mengawal langit Indonesia dari ancaman musuh.

Tak hanya terkenal handal di medan tugas, F-16 juga dikenal luas sebagai jet tempur yang mumpuni dan mempunyai beragam kemampuan yang mematikan. Tak salah jika Indonesia kembali mempercayakan langitnya dikawal oleh burung besi tersebut. Seperti apa Fakta dibalik pesawat canggih ini? Yuk langsung aja kita simak videonya folks!

 

5. Penerbangan Pertamanya Pada Tahun 1974

F-16 telah berumur lebih dari 40 tahun. purwa-rupanya, YF-16, melakukan penerbangan perdananya pada 2 Februari 1974, di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California. Pada tanggal 13 Januari 1975, pesawat YF-16 diumumkan sebagai pemenang Kompetisi Tempur Udara yang dicari oleh Angkatan Udara AS sebagai pesawat tempur udara berikutnya.

Selama bertahun-tahun, karena keterbatasan anggaran dan kebutuhan akan satu pesawat untuk melakukan berbagai misi berbeda, F-16 akhirnya berevolusi menjadi pejuang multi-peran disegala kondisi seperti sekarang ini.

 

4. Yang Pertama Menggunakan Sistem Fly-by-Wire

Fly by wire adalah sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Tetapi bukan berarti sistem ini menggantikan otot manusia. Pilot tetap memegang peranan penting dalam mengendalikan dengan joy stik tersebut.

F-16 menjadi pesawat pertama yang menggunakan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire untuk membuatnya lebih bermanuver daripada pesawat tempur generasi sebelumnya. Sistem kontrol penerbangan empat kali lipat lebih hebat dalam membaca tekanan yang diterapkan oleh pilot ke kontrol pesawat dan sangat cepat menentukan cara memindahkan kontrol permukaan pesawat untuk mempertahankan jalur penerbangan yang tepat dengan cepat dan lancar.

 

3. Desain Yang Sangat Inovatif

F-16 memang dirancang untuk menjadi dogfighter air to air terbaik. Untuk memungkinkan hal tersebut, F-16 adalah pesawat pertama yang dirancang dengan body yang diperkuat, yang memungkinkannya untuk menahan tekanan gravitasi hingga 9-Gs.

Kursi pilot ditinggikan dan diatur dengan kemiringan 30 derajat, bukan 12 derajat seperti pesawat generasi keempat lainnya. Sudut ini membantu pilot menghindari pingsan selama bermanuver tinggi.

Tongkat kontrolnya berada di sisi kanan pilot bukan ditengah layaknya pesawat tradisional. Hal ini memberikan dukungan pada lengan dan memberikan kontrol lebih pada pilot untuk membelokan pesawat.

F-16 memiliki satu lempeng kanopi polikarbonat tanpa bingkai depan. Kanopi yang tahan-burung ini memungkinkan pilot memiliki pandangan 360 derajat penuh, lebih baik daripada pesawat generasi keempat lainnya.

 

2. Dipesan Oleh 4 Negara Eropa Saat Pertama Dibuat

Waktu pertama kali dibuat, 4 negara Eropa tertarik untuk membeli pesawat ini. Keempat negara tersebut adalah Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia. Kelompok negara ini dikenal sebagai European Participating Air Forces, atau EPAF.

Mitra Eropa ini memesan 348 pesawat selama pagelaran Paris Air Show pada 7 Juni 1975. Hari ini, F-16 telah melayani 25 negara diseluruh dunia.

 

1. Senjata Yang Mematikan

Persenjataan yang dimiliki F-16 sebagai light fighter beragam dan terdiri dari senjata yang sangat mematikan.

Persenjataan itu antara lain, satu senapan mesin M61 Vulcan Gatling kaliber 20 mm, roket CRV7 kaliber 70 mm, enam rudal AIM-9 Sidewinder atau enam AIM-120 AMRAAM atau enam rudal python-4.

Untuk sasaran darat F-16 dilengkapi enam rudal udara ke darat AGM-65 Maverick atau empat rudal antikapal perang AGM-119 Penguin.

Sedangkan sejumlah bom yang bisa dibawa adalah GBU-87, GBU-89, GBU-97, GBU-10 Paveway, GBU-12 Paveway II, Paveway Laser Guided Bomb, JDAM, Mk 80, dan bom nuklir dengan nama sandi B61.

Okay folks itulah dia 5 fakta keren seputar pesawat tempur f 16. Kalau kamu suka video ini, jangan lupa klik tombol like dan subscribe yah folks karena bos masih punya banyak stok fakta menarik lainnya.