Daftar Smartphone Dengan Radiasi Tertinggi, Punya Kamu Nomor Berapa?

Radiasi pada smartphone sebenarnya sudah lama dikhawatirkan dari sejak awal kemunculannya. Dan sekarang, dengan semakin canggihnya smartphone saat ini menyebabkan penyebaran radiasi yang lebih besar dari sebelum-sebelumnya.

Kantor Federal untuk Perlindungan Radiasi (BfS) baru-baru ini menerbitkan daftar smartphone yang memancarkan radiasi tertinggi. Daftar tersebut menunjukkan tingkat penyerapan spesifik dari masing-masing ponsel yang dinyatakan dalam satuan watt per kilogram. Berikut rincian daftar 15 smartphone dengan tingkat radiasi yang paling tinggi menurut BfS.


Data diatas dibuat oleh pihak BfS yang memiliki database peralatan yang lebih lengkap. Untuk mendapatkan sertifikasi Blue Angel, BfS menetapkan angka 0,60W/Kg sebagai nilai maksimum dari emisi radiasi sebuah ponsel. Sedangkan entitas sejenis dari Amerika, FCC, menentukan nilai 1,60 W/Kg sebagai batas penerimaan maksimum yang dapat diterima.

Sebenarnya sampai saat ini efek samping dari smartphone belum benar-benar bisa dibuktikan. Yang jelas, efek radiasi elektromagnetik dari smartphone yang sejauh ini bisa ditunjukkan adalah adanya peningkatan panas pada bagian tubuh yang dekat dengan ponsel yang sedang dioperasikan. Meski begitu, besarnya kenaikan suhu tubuh yang disebabkan radiasi tersebut pun belum bisa dipastikan.

Akhirnya semuanya kembali kepada pilihan masing-masing. Namun kita sebagai pengguna smartphone harus lebih bijak lagi dalam menggunakannya agar tidak terlalu berlebihan sehingga membahayakan kesehatan.

Tinggalkan Balasan