Inikah Fakta Tentang Emoji Dengan Islam?

Siapa sih yang tidak pernah menggunakan emoji saat sedang chatting dengan teman atau kerabat? Hampir semua pengguna smartphone dan sosial media paling tidak pernah menggunakan fitur ini. Nah kali ni ada fakta menarik tentang emoji untuk kamu ketahui. Dan ada hubungan apa emoji dengan Islam? Yuk kita simak!

  1. Sudah Ada Sejak Tahun 90an

    Ternyata emoji itu sudah ada dari sejak tahun 90an lho guys! Emoji pertama kali dibuat oleh Shigetaka Kurita di Jepang pada tahun 1999. Awalnya namanya bukan emoji melainkan emoticon yang bentuknya berupa 🙂 :’) dsb. Barulah setelah perkembangan ponsel semakin canggih, munculah emoji.

    Emoji sendiri berasal dari bahasa Jepang lho!. E itu berarti gambar sedangkan Moji berarti karakter. Jadi emoji sendiri artinya karakter bergambar.

  2. Selalu Update Setiap Tahun

    Sadar atau tidak sadar, emoji itu terus bertambah setiap tahunnya lho guys. Paling tidak pada Juli 2017, terdapat 2,666 emoji yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi. Mungkin saat artikel ini ditulis, emoji sudah bertambah dari jumlah tersebut. Jumlah ini akan bertambah setiap tahunnya.

  3. Emoji Burger Google

    Satu hal yang lucu dan menarik dari emoji burger adalah Google pernah membuat emoji burger. Sekilas tidak ada yang aneh dari gambar emoji tersebut, tapi apabila diperhatikan ada yang aneh dari emoji burger tersebut. Google meletakan keju dibawah lapisan daging. Hal itu membuat Google mendapat banyak ejekan dari berbagai pengguna Apple. Hahaha! Ada-ada saja!

  4. Emoji Kondom

    Beberapa tahun yang lalu, perusahaan kondom bernama Durex gencar mengampanyekan untuk membuat emoji berbentuk kondom sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan pencegahan HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

    Tapi gak tahu deh apakah hal tersebut benar-benar efektif atau tidak.

  5. Emoji Pistol Yang Kontroversial


    Apple pada tahun 2016 mengganti emoji pistol dengan emoji pistol air sebagai gerakan mendukung anti kekerasan menggunakan senjata api. Hal ini tentu saja disambut baik oelh banyak pihak serta diikuti pula oleh sejumlah vendor pembuat software.

  6. Emoji Terong dan Peach

    Kalau emoji ini pasti sudah banyak yang tahu bahwa kedua emoji ini menggambarkan jenis kelamin lelaki dan perempuan. Tidak hanya itu, kedua emoji ini juga digunakan untuk mencari video vulgar pada instagram. Jangan dicoba yah! Hehehe.

  7. Emoji Banyak Digunakan Oleh Perempuan

    Ada sebuah riset yang meneliti bahwa 78% perempuan menggunakan emoji saat sedang berkomunikasi dengan orang lain. Sedangkan untuk pria hanya 60% yang menggunakan emoji. dan kira-kira 60 Milyar emoji terkirim setiap akhirnya.

  8. Salah Persepsi Tentang Emoji

    Banyak yang salah mengira emoji yang satu ini. Ada yang bilang bahwa emoji tersebut adalah dua tangan yang sedang melakukan tos, namun ada juga yang mengatakan bahwa emoji tersebut adalah emoji yang sedang berdoa. Faktanya nama resmi emoji tersebut adalah “Folded Hands” yang berarti terima kasih atau permisi dalam bahasa Jepang.

  9. Emoji Dianggap Rasis

    Awalnya emoji hanya memiliki warna kuning untuk menggambarkan warna kulit manusia. Namun hal tersebut dianggap rasis karena warna kuning adalah merupakan ejekan orang bule kepada orang Asia. Akhirnya Unicode mengabulkan kritik dunia untuk bisa mengubah warna kulit emoji berkarakter manusia.

  10. Emoji Hijaber

    Awalnya tidak ada emoji dengan bentuk wanita berhijab. Namun seorang remaja Saudi Arabia mengampanyekan agar ada emoji ini guna merepresentasikan dirinya sekaligus untuk mewujudkan sikap toleransi masyarakat dunia pada Islam.

Tinggalkan Balasan