INILAH 7 FAKTA GILA DARI PESAWAT AIR FORCE ONE!

Pesawat Air Force One tenyata bukan hanya sekedar pesawat biasa yang menjadi salah satu lambang dari kepresidenan Amerika Serikat. Sekilas pesawat ini terlihat seperti pesawat Boeing 747 pada umumnya namun dibaliknya terdapat fitur-fitur luar biasa canggih yang kalau disebutkan bisa membuat kamu tercengang nih folks!

Fitur-fitur apa aja itu? Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak videonya folks!

 

7. Tidak Perlu Berhenti Untuk Isi Bahan Bakar

Kalau pesawat pada umumnya, untuk melakukan perjalanan jauh, mereka harus transit dulu pada suatu bandara untuk mengisi bahan bakar. Hal itu ternyata tidak berlaku untuk pesawat Air Force One! Karena pesawat ini dapat melakukan pengisian bahan bakar di udara tanpa perlu transit-transit. Itu berarti pesawat ini sebenarnya bisa memutari bumi tanpa perlu transit. Hal ini dimungkinkan karena Air Force One memiliki tangki bahan bakar yang terletak pada moncong pesawat.

Namun meskipun memiliki fitur tersebut, pesawat ini jarang menggunakannya. Fitur tersebut hanya akan dipakai dalam keadaan darurat saja.

 

6. Hampir Menyamai Kecepatan Suara

Meskipun badannya sangat besar serta bentuknya tidak se-aero-dinamis pesawat termpur F-16, namun kecepatan pesawat ini bisa mencapai 960 km/jam atau 90% kecepatan suara lho!

Saat terbang, pesawat ini akan selalu dikawal oleh beberapa pesawat tempur F-16 yang memang dikenal bisa terbang lebih cepat dari kecepatan suara. Namun pernah suatu kali saat sedang mengawal pesawat Air Force One, mereka kewalahan untuk mengimbangi kecepatan Air Force One sampai-sampai meminta sang pilot untuk mengurangi kecepatannya agar mempermudah pengawalan. Boleh juga!

 

5. Memiliki Sistem Komunikasi Canggih

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem telekomunikasi terenkripsi sehingga presiden AS aman menerima atau mengirim panggilan telepon dari kabin pesawat karena akan terjaga kerahasiaannya.

Pesawat ini dilengkapi 87 telepon yang seluruhnya bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Skenarionya, jika ada serangan terhadap AS, pesawat ini bisa berfungsi sebagai pusat komando udara dengan akses internet berkecepatan tinggi dan kemampuan untuk menyampaikan pidato yang disiarkan secara nasional dari sistem video teleconference-nya.

 

4. Ruang Yang Lapang

Presiden dan penumpang yang menyertainya menikmati ruang kabin seluas 4.000 kaki persegi atau setara 371,61 meter persegi dalam tiga tingkat. Pada dek yang ditempati presiden, terdapat ruang tamu lengkap dengan tempat tidur, kamar mandi pribadi, dan semacam kantor kepresidenan. Juga terdapat treadmill yang disimpan di bagasi dan hanya digunakan selama penerbangan jarak jauh.

 

3. Dapur yang luas

Seumur-umur naik pesawat terbang, kayaknya cuma Air Force One yang memiliki dapur. Hebatnya lagi dapur ini mampu menyediakan makanan untuk hingga 100 orang dengan makanan yang disiapkan secara hati-hati dan tingkat keamanan tinggi. Jika presiden tidak suka dengan apa yang ada di daftar menu, staf harus siap untuk menyediakan menu sesuai seleranya.

 

2. Tidak Mempan Dibom

Meskipun rincian kemampuan pertahanan pesawat itu dirahasiakan, Air Force One adalah pesawat militer dengan kemampuan sebagai bunker dalam peristiwa serangan nuklir dan mampu bertahan dari serangan udara. Gak tau dia berguru sama siapa, pesawat ini juga kebal terhadap peluru. sama kebal bacok. Tidak hanya itu, pesawat ini memiliki sistem pertahanan elektronik khusus yang bisa mengacau radar musuh.

 

1. Memiliki ruang gawat darurat

Air Force One memiliki fasilitas medis lengkap termasuk peralatan operasi yang mungkin dilakukan dalam keadaan darurat yang mengancam jiwa. Bahkan untuk perjalanan ke luar negeri, cadangan darah yang sesuai dengan golongan darah presiden AS wajib ada dalam lemari es di ruang ini. Wah bisa dipastikan, yang naik pesawat ini memiliki perasaan aman dan terlindungi yah. Mereka juga jadi bisa bekerja dengan baik kalau begitu.

 

Okay folks itulah dia 7 fakta gila tentang Air Force One. Selama pesawatnya kayak begitu sih, semua tinggal tergantung pilotnya aja deh. Kalo bunuh diri yah selesai juga. Kalau kamu suka video ini jangan lupa klik tombol like dan subscribe yah folks karena kami masih punya banyak stok fakta-fakta menarik lainnya untuk dibahas.