Kuota Boros? Lakukan 5 cara dibawah ini agar lebih hemat!

Tanpa berpanjang lebar lagi, inilah 5 tips untuk menghemat kuota internet anda.

1. Ubah fitur maps anda ke mode Offline

Maps memang selalu mencari dimana posisi anda berada dan itu memerlukan kuota internet yang cukup lumayan. Untuk itu sebaiknya anda ubah fitur tersebut ke mode offline saat tidak digunakan.

2. Gunakan browser yang lebih efisien

Browser bawaan dari hp anda tidak diciptakan untuk menghemat kuota internet anda. Karena browser tersebut memang bertugas untuk memuat data web secara lengkap. Untuk itu, disarankan anda menggunakan browser seperti Opera Mini yang memiliki fitur data saving dan video boost. Browser ini memang sudah terbukti mampu menyimpan kuota data internet Anda secara primer dengan mengompres website yang Anda kunjungi.

3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya

Ponsel Android biasanya terdapat built in fitur Usage Warning dimana fitur ini akan memberi tahu penggunanya apabila penggunaan kuota internet hampir mencapai batas yang telah diatur oleh penggunanya. Sebaiknya manfaatkan fitur ini agar anda “aware” akan penggunaan kuota internet anda.

4. Kenali aplikasi yang banyak menyedot kuota dan data

Ada beberapa aplikasi yang menyedot kuota anda di belakang. Seperti media sosial yang akan otomatis ter-update meskipun sedang tidak digunakan. Sebaiknya anda matikan fitur tersebut supaya aplikasi tersebut baru akan menyedot kuota anda saat sedang digunakan saja.

5. Matikan fitur Auto-update aplikasi anda

Aplikasi-aplikasi yang telah anda download selalu memerlukan perbaikan dari hari ke hari agar fitur yang digunakan bisa optimal. Namun sebaiknya update lah aplikasi-aplikasi anda saat terhubung dengan Wi-Fi saja. Fitur ini bisa anda matikan dengan masuk ke Pengaturan sesuai dengan sistem operasi masing-masing.

Itulah 5 tips yang bisa langsung anda terapkan pada smartphone anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan