JANGAN KAGET! TERNYATA ADA 5 TEMPAT SEPERTI INI DI DUNIA!

Meskipun ilmu pengetahuan manusia saat ini sudah sangat maju, namun ternyata masih banyak tempat yang belum terjelajahi di dunia ini lho! Terlebih di lautan yang dalam, baru 1% saja yang telah berhasil kita teliti. Sisanya? Masih menjadi misteri.

Saat ini kita lebih terfokus untuk meneliti apa yang ada diluar bumi ketimbang yang ada didalamnya. Nah kali ini Ranking Bos akan kasih tau kamu 5 tempat tersembunyi di dunia ini yang tidak banyak diketahui orang. Tempat apa aja itu? Yuk langsung kita simak videonya folks!

 

5. Danau Vostok – Antartika

Danau Vostok merupakan sebuah danau di Antartika. Danau ini selama 15-25 juta tahun terakhir terletak tersembunyi di balik lapisan es setebal 3.7 km di Benua Antartika, yang membuatnya tidak pernah terlihat, apalagi tersentuh, oleh satupun tangan manusia. Ini membuat danau tersebut, bila pada akhirnya berhasil dicapai oleh para ilmuwan di atas, sangat mungkin masih didiami oleh ikan maupun hewan lain yang belum pernah dilihat oleh manusia.

Pada awalnya, para peneliti mengira bahwa danau ini bebas dari bakteri dan merupakan satu-satunya badan air di bumi yang bebas dari organisme. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata didalam danau ini terdapat 3.500 jenis bakteri yang memiliki DNA unik yang belum pernah diteliti sebelumnya. Ada dugaan juga bahwa bakteri yang ada didalam danau ini merupakan bakteri yang belum terkontaminasi oleh zat beracun yang ada di alam.

Seluruh fakta baru ini menunjukkan bahwa Danau Vostok sebenarnya merupakan ekosistem yang cukup kaya. Air pada bagian atas danau membeku menjadi gletser, sehingga jejak kehidupan di dalam danau terawetkan dengan sangat baik.

 

4. Kawah Bosavi – Papua Nugini

Kawah Bosavi adalah sebuah kawasan pegunungan kuno yang terletak di selatan Papua Nugini. Daerah sekitar pegunungan berbentuk kawah yang besar yang merupakan bagian dari lembah Sungai Kikori. Dulunya gunung purba ini adalah sebuah gunung aktif yang pernah meleuts 20.000 tahun yang lalu. Akibat dari letusan tersebut, terbentuk tembok besar setinggi 1 km yang membuat kawasan tersebut menjadi terisolir dari dunia luar dan membuat banyak sekali spesies asli berevolusi dan berbeda dengan spesies lain di muka bumi ini.

Pada tahun 2009, sekelompok ilmuwan memutuskan untuk meneliti daerah ini. Meskipun medan yang dilalui cukup sulit, namun perjuangan tersebut terbayar lunas. Disana mereka berhasil menemukan 40 jenis spesies baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Dari jumlah itu ada 16 jenis katak baru, 3 jenis ikan dan 1 spesies tikus raksasa yang memiliki panjang nyaris 1 meter. Wah jangan-jangan masih ada dinosaurus lagi disana.. Hehehe!

 

3. East Scotia Ridge –  Laut Selatan Antartika

East Scotia Ridge adalah sebuah laut dikawasan Laut Selatan dekat Antartika dengan kedalaman mencapai 2 kilometer. Yang uniknya adalah didalamnya terdapat banyak sekali spesies laut yang belum pernah diketahui atau diteliti sebelumnya oleh ilmuwan. Karena berada dekat dengan inti bumi, air dikawasan laut ini sangat panas. Panasnya bisa mencapai hingga 300 derajat celcius pada kedalaman tertentu! Meskipun panas, tapi didalamnya masih terdapat ekosistem laut yang hidup didalamnya.

Spesies-spesies baru yang berhasil ditemukan ilmuwan disini adalah kebanyakan albino. Yang paling terlihat jelas adalah jenis gurita besar yang bisa bertahan di air yang panas. Selanjutnya ada jenis lobster berbulu yang menggunakan bulu pada tubuhnya untuk tempat ternak bakteri. Dari bakteri ini air yang beracun bisa dinetralisir hingga lobster ini bisa hidup.

 

2. Dataran Tinggi Palawan – Filipina

Pulau Palawan terletak di wilayah barat Filipina, dikelilingi 1.800 pulau kecil dan mendapat predikat sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Topografi pulaunya memang unik dengan tebing, bebatuan kapur, serta sungai bawah tanah sepanjang 8,2 kilometer. Karena keunikan dan keindahan topografinya, Pualu Palawan tepatnya di Puerto Princesa Subterranean River National Park juga termasuk sebagai Tujuh Keajaiban di dunia. Bersanding dengan Taman Nasional Pulau Komodo dari Indonesia dan lima destinasi lainnya.

Namun ada hal unik didalamnya, terdapat banyak sekali spesies tanaman dan hewan yang masih baru dan tak ditemukan di wilayah bumi lain. Ilmuwan menduga bahwa wilayah ini tersiolasi hingga banyak tumbuhan dan hewan berevolusi menjadi bentuk yang lebih sesuai.

Di Dataran Tinggi Palawan ini ditemukan banyak sekali kantung semar raksasa yang terbesar di dunia. Selain itu ada juga jamur dengan warna biru dengan struktur tubuh yang sangat unik. Selanjutnya ada beberapa spesies seperti babi rusa yang sedikit memiliki kemiripan dengan yang ada di Kalimantan daripada yang ada di daerah Filipina lainnya.

 

1. Gua Son Doong – Vietnam

Son Doong adalah nama dari sebuah gua yang terletak di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Provinsi Quang Binh, Vietnam. Gua ini dinyatakan sebagai gua terbesar didunia dengan panjang mencapai 3,8 km, dengan lebar sekitar 90 m, dan pada beberapa bagiannya, memiliki tinggi hingga 180 meter.

Pada tahun 1991, gua ini ditemukan oleh penjelajah dari Inggris namun baru diteliti kemudian pada tahun 2009 yang lalu. Sebenarnya penduduk sekitar gua ini telah lama mengetahui keberadaannya namun tidak berani masuk kedalam karena suara aliran air sungai yang sangat keras dan mengintimidasi.

Gua ini terbentuk sekitar 2-5 juta tahun yang lalu saat aliran air menembus patahan batuk kapur dan melarutkan batu gamping. Aliran air ini menciptakan lubang berukuran raksasa di dalam pegunungan.

Pemerintah setempat membuka tempat ini bagi para ilmuwan namun tidak untuk umum karena dikhawatirkan hal tersebut dapat merusak keaslian dari gua ini. Didalamnya terdapat hutan dengan berbagai spesies tumbuhan serta hewan yang unik dan memiliki ciri fisik yang berbeda dari yang lainnya.

 

Okay folks itulah dia 5 tempat tersembunyi dari dunia luar yang tidak teridentifikasi sebelumnya. Kalau kamu suka video ini jangan lupa klik like dan subscribe yah folks! Thank you!

Tinggalkan Balasan