KASIAN! 5 TOKOH BESAR DUNIA INI MATI DIBUNUH!

Menjadi seorang public figur sudah pasti akan memiliki banyak penggemar. Namun ternyata bukan hanya banyak penggemar tapi juga akan ada banyak ‘haters’. Namun itulah bagian dari kehidupan sebagai publik figur.

Semua hal tersebut adalah hal biasa sampai ada nyawa yang jadi melayang. Nah kali ini Ranking Bos akan membahas tentang 5 tokoh besar dunia yang mati dibunuh. Motifnya tentu saja beragam mulai dari iri, perbedaan pendapat dan idealisme, balas dendam, dsb. Siapa aja tokoh besar tersebut? Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak videonya folks!

 

5. John Lennon

Bagi kamu generasi millenials yang belum tau siapa itu John Lennon, ia adalah seorang pentolan dari grup band The Beatles yang sangat ngetop pada era tahun 60an. Karya-karyanya masih dikenal sampai saat ini. Lagu-lagu seperti Hey Jude, Yesterday, can’t buy me love, dsb masih terdengar sampai hari ini.

Pada suatu malam tanggal 8 Desember 1980, John sedang berada di New York City untuk suatu urusan. Saat kembali ke apartemennya pada malam hari pukul 21.50, ia turun dari limousinnya dan saat sedang berjalan masuk kedalam, seorang pria bernama Mark David Chapman memanggil namanya dan kemudian menembaknya 4 kali.

John segera dilarikan ke rumah sakit, namun saat dalam perjalanan ia dinyatakan tewas. Tidak jelas apa motif dari pembunuhan tersebut sampai hari ini. Mark David menyerahkan diri tanpa perlawanan dan dihukum penjara selama 20 tahun.

 

4. Martin Luther King Jr

Pria kelahiran tahun 1929 ini adalah seorang pendeta yang juga merupakan pria dibalik gerakan hak-hak sipil warga Amerika Serikat. Gerakan itu adalah upaya untuk menghapuskan diskriminasi rasial orang-orang Afrika-Amerika.

Pada tanggal 4 April 1968, ketika sedang berdiri di balkon kamar motel di lantai dua, King ditembak mati. Setelah pembunuhan, terjadi kerusuhan di lebih dari 60 kota di seluruh AS, dan lima hari kemudian, Presiden Johnson mengumumkan hari berkabung.

Dua bulan kemudian, tersangka pembunuhan yang melarikan diri James Earl Ray ditangkap di London, dan diekstradisi ke Tennessee di mana ia menghadapi tuduhan pembunuhan terhadap King. Ray adalah seorang kulit putih yang menentang Gerakan Hak Sipil Afrika-Amerika.

 

3. Franz Ferdinand

Archduke dari Austria Franz Ferdinand, dan juga pewaris tahta Austria diyakini sebagai penyebab awal terjadinya Perang Dunia I. Pada 28 Juni 1914 dia melakukan kunjungan ke Sarajevo, yang pada waktu itu merupakan wilayah Austria.

Saat mengendarai mobil terbuka, dia dan istrinya Sophie ditembak oleh anggota The Black Hand yang merupakan kelompok Serbia yang berusaha memperoleh kemerdekaan bagi semua negara yang dianeksasi oleh Austria-Hongaria.

Perang Dunia I dimulai dua bulan setelah pembunuhan, saat Austria-Hongaria mengumumkan perang terhadap Serbia. Deklarasi perang ini memulai efek domino di seluruh Eropa di mana semua sekutu Serbia menyatakan perang terhadap Austria-Hongaria dan semua sekutunya.

 

2. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln adalah Presiden Amerika Serikat ke-16, dan memegang jabatan tersebut dari tahun 1861 sampai kematiannya pada tahun 1865. John Wilkes Booth adalah mata-mata Konfederasi, yang marah pada Presiden karena dukungannya terhadap kebebasan orang-orang Afrika-Amerika.

Dia menjadi bertekad untuk membunuh Lincoln. Pada tanggal 14 April 1865, Lincoln mengunjungi sebuah teater. Dengan kehadiran hanya satu pengawal yang berkeliaran di sekitar teater, Booth memanfaatkan kesempatannya.

Dia menunggu sampai tawa memenuhi teater dan menembak kepala Presiden. Booth melarikan diri, tetapi tertangkap dan ditembak mati dua belas hari kemudian. Lincoln berusia 56 tahun pada saat kematiannya.

 

1. John F. Kennedy

John Fitzgerald Kennedy adalah Presiden Amerika Serikat ke-35. Dia menjabat dari 20 Januari 1961 sampai kematiannya pada 22 November 1963. Meskipun ada ratusan saksi atas pembunuhannya, ada banyak kebingungan seputar kematian Kennedy hingga hari ini, yang menyebabkan banyak orang mencurigai adanya konspirasi.

Tepat sebelum jam 12:30 siang, Kennedy sedang melakukan perjalanan melalui Dallas di limusinnya yang terbuka. Tiga tembakan kemudian ditembakkan dari senapan bertenaga tinggi, yang semuanya masuk ke dalam tubuh sang presiden. Kennedy pun meninggal segera setelah tiba di rumah sakit.

Sang pembunuh tersebut tertangkap dan diketahui bernama Lee Harvey Oswald. Sebelum sempat membela dirinya dipengadilan, ia sudah terlebih dahulu dibunuh oleh seorang mafia bernama Jack Ruby.

 

Okay folks itulah dia 5 tokoh dunia yang mati dibunuh. Apakah kamu tau semua tokoh diatas? Komen dibawah yah.. Kalau suka video ini jangan lupa klik tombol like dan subscribe yah folks karena masih banyak fakta-fakta menarik lainnya untuk dibahas.