KURANG BERSYUKUR? MAU LIAT SEM1SK1N APA 5 NEGARA DI DUNIA INI?

Sebagai orang Indonesia, kita patut bersyukur karena dilahirkan di negara yang kaya akan sumber daya alamnya ini. Yang perlu kita lakukan adalah terus mengembangkan segala potensi yang ada agar Indonesia bisa semakin makmur kedepannya.

World Bank telah mengeluarkan daftar kondisi finansial setiap negara di seluruh dunia. Negara-negara tersebut pun dimasukkan dalam kategori termiskin sampai yang terkaya. Indikatornya didapatkan berdasarkan produk domestik bruto (PDB) per kapita.

Namun kali ini kita hanya akan membahas tentang 5 negara yang didaulat sebagai negara termiskin di dunia. Negara apa itu? Yuk langsung aja kita simak videonya folks!

 

5. Nigeria

Nigeria menempati urutan lima negara paling miskin di dunia jika melihat pendapatan per kapita negara ini sebesar 1.107 US dollar. Meski negara ini termasuk negara dengan wilayah yang luas, namun sebagian besar adalah wilayah gurun.

Belum lagi ditambah fakta bahwa Nigeria tidak memiliki wilayah perairan yang bisa menjadi sumber daya. Kurangnya sumber daya alam jika dibandingkan negara lain menjadi faktor utama tingginya angka kemiskinan di Nigeria.

 

4. Liberia

Liberia memiliki pendapatan per kapita sebesar 855 US dollar dan termasuk salah satu negara paling miskin di dunia. Negara di kawasan Afrika Barat ini memiliki tingkat pengangguran yang tinggi hingga mencapai 15% total penduduk.

Wabah penyakit ebola yang menyerang Liberia membuat ekonomi negara ini kian jatuh. Sektor pertanian yang diandalkan Liberia malah mengalami kemerosotan harga, membuat ekonomi di Liberia semakin terpuruk dari tahun ke tahun.

 

3. Burundi

Burundi menjadi negara termiskin ketiga di benua Afrika dan juga di dunia. Pendapatan per kapita dari Burundi adalah 814 US dollar saja. Bahkan menurut data IMF, diperkirakan sekitar 80% penduduk di Burundi hidup di bawah garis kemiskinan.

Sektor utama yang diandalkan di Burundi adalah sektor pertanian. Dalam beberapa tahun terakhir sebenarnya ada perkembangan ekonomi di negara Burundi, namun adanya konflik politik pemerintahan membuat ekonom Burundi seakan jalan di tempat saja.

 

2. Republik Demokratik Kongo

Peringkat 2 daftar negara termiskin di dunia adalah Republik Demokratik Kongo. Pendapatan per kapita negara ini diperkirakan hanyalah 773 US dollar saja, terendah kedua setelah Republik Afrika Tengah yang jadi negara termiskin.

Padahal Republik Demokratik Kongo memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah. Namun ketidakmampuan pemerintah memanfaatkannya secara maksimal ditambah konflik militer membuat warga tidak mendapat keuntungan dari sumber daya yang ada.

 

1. Republik Afrika Tengah

Negara termiskin di dunia saat ini adalah Republik Afrika Tengah. Negara ini juga menjadi negara termiskin di Afrika. Pendapatan per kapita Republik Afrika Tengah diperkirakan sekitar 652 US dollar saja. Kebanyakan penduduk di negara ini hidup di daerah kumuh dan pedesaan.

Sektor penghasilan utama negara ini berasal dari ekspor berlian. Namun karena banyaknya aktivitas ilegal dari penjualan berlian ke luar negeri membuat pemerintah Republik Afrika Tengah hanya mendapat keuntungan kecil.

 

Okay folks itulah dia 5 negara termiskin di dunia. Bagaimana pendapatmu setelah melihat video ini? Jadi lebih bersyukur pastinya yah kita masih bisa pakai internet walaupun kadang irit-irit kuota. Kamu udah subscribe belum? Kalau belum yuk di subscribe dulu folks! Gratis kok! Bye-bye!