Lakukan 5 Hal ini Agar Data Facebook Aman

Baru-baru ini jagad dunia maya dihebohkan dengan berita bocornya 50 juta data pengguna Facebook ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Data adalah aset yang sangat penting yang seharusnya menjadi tanggung jawab pihak yang dipercayakan dan sudah sewajibnya dilindungi agar tidak bocor.

Karena banyak penjahat-penjahat cyber diluar sana yang mengincar data-data penting seperti nama, nomor rekening, nomor kartu kredit, dsb yang apabila bocor, hal itu akan sangat merugikan.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk melindungi data pribadi kita dari serangan cyber pada akun Facebook kita? Lakukan 5 hal dibawah ini untuk melindungi akun anda.

  1. Download semua data Facebook anda

    Caranya, pada bagian pojok kanan atas tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian pilih menu “setting”. Kemudian pada halaman “General Account Setting” Anda akan menemukan tombol “Download a copy”.

    Hal ini bertujuan untuk membuat salinan atas seluruh data yang telah anda upload ke Facebook termasuk apa saja yang telah Anda posting, pesan terkirim, hingga iklan apa saja yang telah Anda klik.

  2. Ubah siapa saja yang bisa melihat profil anda

    Masih pada menu setting lalu klik privacy. Disitu anda dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat profil anda, siapa yang bisa melihat daftar teman anda, siapa yang bisa melihat foto pribadi anda, dsb.

  3. Mengubah setelah timeline (linimasa) dan tagging

    Pada menu setting, Facebook juga melengkapi pengaturan agar Anda dapat memilih siapa saja orang yang bisa melihat aktivitas Anda. Ada 2 pilihan disini yaitu setelan linimasa dan setelan tagging.

    Pada setelan linimasa, anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat postingan anda, apakah anda sendiri, atau hanya anda dan kerabat-kerabat anda.

    Pada setelan tagging, anda bisa menandai siapa saja teman yang bisa men-tag anda pada postingan/foto mereka.

  4. Cek aplikasi pihak ketiga yang aktif

    Ini adalah alasan bocornya 50 juta data pengguna Facebook. Oleh karena itu anda benar-benar harus memilih aplikasi mana saja yang boleh mengakses data pribadi anda.

    Caranya, pada menu setting, dibagian bawah anda akan menemukan tombol Apps/aplikasi, dengan mengklik ini, anda akan melihat aplikasi mana saja yang bisa mengakses data pribadi anda.

    Periksalah dengan seksama semua aplikasi tersebut lalu matikanlah aplikasi yang kira-kira mencurigakan.

  5. Hapus Facebook anda

    Ketika menurut anda, anda sudah tidak akan menggunakan Facebook lagi, sebaiknya anda hapus saja Facebook anda, Namun sebelumnya, jangan lupa untuk membackup data anda seperti pada cara nomor 1 diatas.

    Setelah itu Anda harus menuju halaman ini kemudian klik “Managing your Account, lalu pilih “deactivating or deleting your account”

Tinggalkan Balasan