Maksa Buka Aplikasi Tik Tok Pakai VPN Justru Berbahaya!

Aplikasi Tik Tok adalah salah satu aplikasi yang viral beberapa bulan terakhir ini. Bagi yang belum tau, aplikasi Tik Tok adalah aplikasi gabungan antara video dengan musik dimana kamu bisa menjadi model video itu sendiri dengan latar belakang musik yang kamu inginkan.

Karena dianggap lebih banyak kekurangannya daripada manfaatnya, pemerintah resmi memblokir aplikasi yang menghebohkan jagad dunia maya ini. Namun sebenarnya kamu masih bisa membuka aplikasi ini dengan menggunakan VPN.

Akan tetapi, membuka aplikasi Tik Tok dengan menggunakan VPN ternyata malah bisa membahayakan penggunanya. Apa saja bahaya yang mengancam apabila membuka aplikasi ini dengan VPN?

  1. Penyalahgunaan Data

    Data adalah sesuatu yang sangat berharga bagi perusahaan karena itu bisa dijadikan komoditas untuk bisa mereka jual belikan. Nah itulah sebabnya sekarang perusahaan-perusahaan teknologi seperti Facebook, Google, Apple, dsb semakin serius untuk melindungi data-data pribadi penggunanya agar tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Nah apabila kamu tetap memaksa membuka aplikasi Tik Tok menggunakan VPN, justru data-data pribadi kamu bisa dicuri serta dijual belikan demi keuntungan pihak yang tidak bertanggung jawab.

  2. Rawan Hacker

    Jangan berpikir bahwa menggunakan VPN itu aman. VPN yang aman adalah VPN yang berbayar karena telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi.

    Namun apabila kamu menggunakan VPN yang gratisan, jangan berharap kamu akan tetap terlindungi. Perangkat kamu bisa disusupi oleh hacker yang akan membaca, membajak dan mencuri data kamu. Bahkan gak menutup kemungkinkan si hacker juga sekalian menyisipkan malware ke perangkat kamu. Serem kan?

  3. Penggunaan IP Secara Diam-diam

    Bahaya lainnya dari menggunakan layanan VPN secara gratis adalah kemungkinan digunakannya IP address kamu secara diam-diam. Selain dibocorkan ke publik, alamat IP kamu bisa saja digunakan sebagai network end-point alias sarana untuk meningkatkan kecepatan internet pengguna lain yang dianggap lebih menguntungkan ketimbang kamu.

  4. Iklan Selundupan (Adware)

    Saat sedang menggunakan VPN, kamu pasti sering melihat iklan-iklan yang tayang bahkan kadang mengganggu kamu. Hati-hati untuk tidak sembarangan mengklik iklan tersebut.

    Meskipun tidak semuanya, bisa saja salah satu dari iklan tersebut adalah Adware. Adware bisa diam-diam menginstall aplikasi diperangkat kamu tanpa kamu sadari lho. Mulai sekarang, kamu harus lebih berhati-hati yah.

  5. Bahaya Lainnya

    Selain 4 macam bahaya yang telah disebutkan diatas, Tik Tok juga ditakutkan bisa merusak generasi muda, potensi cyber bullying hingga bahaya eksploitasi anak jadi beberapa hal yang kembali muncul jika semua orang kembali mengakses Tik Tok menggunakan VPN.

Itulah dia guys bahayanya mengakses aplikasi dengan menggunakan VPN gak jelas atau gratisan. Satu-satunya cara yang paling aman adalah kamu gunakan VPN yang berbayar. Namun jangan sembarangan pilih VPN yang asal murah saja ya. Semoga bermanfaat. Oh iya jangan lupa di SHARE yah!

Tinggalkan Balasan