NGERI! 5 Gadgets Ini Berbahaya Bagi Kesehatan! Nomor 5 Paling Gak Disangka!

Perkembangan teknologi semakin pesat setiap harinya. Berbagai gadget baru yang inovatif bermunculan setiap harinya yang sebagian bertujuan untuk membantu manusia, dan yang lainnya juga sebagai hiburan. Namun tahukah kamu bahwa beberapa dari mereka ternyata berbahaya bagi kesehatan?

Inilah 5 gadgets yang ternyata berbahaya bagi kesehatan apabila digunakan secara berlebihan!

  1. Drone

     

    Drone adalah salah satu alat yang berguna bagi manusia. Selain alat ini bisa digunakan untuk memantau lokasi dari ketinggian sehingga bisa mengurangi peran helikopter, drone juga bisa digunakan untuk mengantarkan barang sampai ketujuan.

    Namun tahukah kamu bahwa ada sisi lain yang berbahaya dari drone? Ya, drone bisa digunakan untuk memata-matai orang lain, bahkan bisa digunakan sebagai alat perang apalagi sampai jatuh ketangan orang jahat.

    Oleh sebab itu beberapa wilayah melarang untuk dimasuki drone seperti wilayah militer, pemerintahan dan lain sebagainya.

  2. Roket dan Travelling ke Ruang Angkasa

     

    Beberapa tahun terakhir ini ada perusahaan yang menyediakan jasa untuk wisata keluar angkasa, salah satunya adalah Virgin Galatic, sebuah perusahaan asal Inggris milik Richard Branson. Jasa wisata ini tidak untuk semua orang namun hanya bagi orang-orang yang berkantong tebal yang dapat menikmatinya.

    Lalu apa hubungannya dengan kesehatan manusia? Tubuh manusia diciptakan tidak untuk berada diluar angkasa melainkan dibumi karena bila manusia berada diluar bumi lama-lama dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti menurunkan kepadatan tulang manusia, dan mengurangi ketajaman penglihatan mata.

    Oleh sebab itulah, NASA hanya memilih orang-orang yang memiliki fisik yang kuat untuk bisa menjadi astronot, itupun tidak boleh lebih dari 6 bulan berada diluar angkasa.

  3. Printer 3D

    Apakah kamu pernah mendengar tentang printer 3D? Printer 3D pada dasarnya sama dengan printer lainnya, hanya saja alat ini akan memberikan hasil print dalam bentuk 3 dimensi. Tahukah kamu kalau printer ini juga berbahaya bagi kesehatan manusia?

    Ternyata printer 3D ini mengeluarkan emisi yang sama dengan sebatang rokok, tidak hanya itu, yang kedua adalah berkaitan dengan bahan pembuatan yang tidak ramah lingkungan, sebagian besar printer 3D berbahan filamen plastik murah yang tidak biodegradable dan sangat buruk bagi lingkungan, sehingga dapat berpengaruh pada lingkungan.

  4. Lampu Laser

    Lampu laser memang indah bila digunakan saat festival. Namun ternyata benda ini juga berbahaya apabila terkena mata secara terus menerus karena dapat menyebabkan kerusakan mata secara permanen.

    Oleh sebab itu pemerintah Amerika melarang untuk mengarahkan sinar laser kepada wajah orang, mobil, pesawat ataupun helikopter. Karena jika laser tersebut terkena pilot maka akan berisiko sangat besar menyebabkan kecelakaan penerbangan dan juga merusak mata sang pilot, oleh karena itu pemerintah Amerika Serikat cukup tegas akan hal ini.

  5. Virtual Reality (VR)

    VR mungkin adalah salah satu gadget yang sedang nge-trend saat ini karena banyak game yang sudah diciptakan khusus untuk dimainkan dengan alat ini. Tidak hanya itu, VR juga bisa digunakan untuk menonton film layaknya sedang berada dibioskop.

    Sebenarnya VR tidak sepenuhnya berbahaya apabila digunakan dengan bijak dan tidak terlalu sering. Penggunaan yang terlalu lama dan terus menerus lah yang dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius.

    Tidak hanya itu, VR ternyata juga dapat menyebabkan gangguan psikologis pada penggunanya dan menyebabkan kecanduan.

Okay guys, perkembangan teknologi memang sangat bagus bagi manusia karena teknologi pula yang membantu kita agar bisa lebih efektif dan lebih efisien dari sebelumnya. Namun dari semua itu, diperlukan sebuah kebijaksanaan didalam penggunaanya agar teknologi tidak menguasai dan menggantikan fungsi kita sebagai manusia.

Tinggalkan Balasan