PENTING! Perlukah Antivirus Bagi Smartphone Android?

Android adalah sistem operasi dengan pengguna terbanyak didunia. Bahkan Android menguasai pangsa pasar sebesar 80% sistem operasi di Indonesia. Itulah sebabnya pengguna Android menjadi sasaran pencurian data oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Hal itu membuat banyak orang berpikir bahwa perangkat Android mereka harus dilengkapi dengan antivirus seperti Norton, AVG, Kaspersky, dsb. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun penggunaan antivirus tidak sepenuhnya efektif. Mengapa?

Dilansir dari QuoraSiddharth Shankar seorang Cyber Security Engineer mengklaim bahwa Android menjadi sistem operasi paling aman, karena memiliki basis Linux Kernel yang memiliki modul khusus bernama Security-Enhanced Linux (SELinux).

Ditambah lagi hampir keseluruhan aplikasi Android dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman JAVA yang paling aman karena berjalan dalam JAVA Virtual Machine (JVM) yang mengisolasi aplikasi yang berjalan menggunakan metode Sandboxing.

Shankar menegaskan, pengguna Android justru harus lebih waspada terhadap malware daripada virus. Malware biasanya ada pada aplikasi-aplikasi tidak resmi yang didownload oleh pengguna.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips agar kamu bisa terhindar dari malware yang beresiko mencuri serta merusak perangkat anda. Berikut adalah tipsnya.

  • Jangan meng-install aplikasi yang berada di luar layanan resmi yakni Google Play Store,

  • Selalu perhatikan permission yang diminta aplikasi sebelum meng-install di smartphone,

  • Jangan mengakses situs-situs pornografi, dan

  • Jangan klik pada tautan yang mencurigakan, seperti promosi di WhatsApp maupun di email.

Okay guys itulah dia artikel mengenai perlu atau tidaknya aplikasi antivirus pada perangkat Android. Semoga bermanfaat buat kamu yah. Oh iya jangan lupa di SHARE yah supaya teman-teman kamu juga bisa tau mengenai hal ini.

Tinggalkan Balasan