SEGEDE RUMAH BOS! INILAH 10 STADION TERBESAR DI DUNIA!

Dalam ajang pertandingan olahraga kelas dunia, stadion adalah salah satu faktor yang paling penting demi kelancaran jalannya pertandingan. Selain itu, stadion juga bisa menjadi simbol prestisius dari sebuah negara apabila menjadi tuan rumah. Karena jika kondisi stadion tersebut buruk, justru akan mempermalukan citra dari bangsa itu sendiri.

Tidak hanya bagus namun sebuah stadion juga harus besar untuk bisa menampung banyak orang sekaligus. Nah kali ini Ranking Bos akan kasih tau kamu 10 stadion paling besar di dunia, yang kerennya lagi adalah Gelora Bung Karno termasuk di dalamnya lho! Penasaran GBK ada di ranking berapa? Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung aja kita simak videonya folks!

 

10. Bukit Jalil National Stadium, Malaysia 

Bukit Jalil National Stadium menjadi stadion sepakbola di Asia yang berhasil masuk dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia. Stadion sepakbola ini didirakan pada tahun 1998 dan berlokasi di ibukota Malaysia yaitu Kuala Lumpur. Kapasitas dari stadion ini adalah 87.411 penonton.

 

9. Gelora Bung Karno, Indonesia

Gelora Bung Karno dibangun pada tahun 1962 dan sering digunakan sebagai kandang bermain dari timnas Indonesia dan juga Persija Jakarta. Meskipun hanya mampu duduk di posisi ke-9, tapi kapasitas Gelora Bung Karno masih terbilang cukup besar yakni mampu menampung sebanyak 88.306 penonton. Kerennn!!

 

8. Rose Bowl Stadium, Amerika Serikat

Stadion ini telah menjadi landmark kota Amerika Serikat dan California. Dengan kapasitas penonton mencapai 92.542 orang, Rose Bowl Stadium menjadi stadion sepakbola terbesar ke-8 yang ada di dunia. Sesuai dengan namanya, bentuk dari stadion ini memang seperti mangkok folks.

 

7. Wembley Stadium, Inggris

Stadion sepakbola ini merupakan stadion yang dimiliki oleh asosiasi sepakbola Inggris yang bernama FA. Stadion inilah yang menjadi markas besar dari timnas Inggris. Setiap pertandingan persahabatan atau nasional pasti akan dilangsungkan di stadion ini. Kapasitasnya sebesar 90.000 penonton.

 

6. Azadi Stadium, Iran

Azadi Stadium terletak di kota Tehran, Iran. Dengan kapasiatas yang mencapai 90.000 orang menjadikan Azadi Stadium sebagai stadion sepakbola terbesar ke-6 di dunia. Meski catatan menuliskan kapasitas stadion ini dapat menampung 90.000 penonton, kenyataannya adalah stadion ini pernah tercatat dapat melampui kapasitas tersebut hingga lebih dari 100.000 orang. Mantul!

 

5. FNB Stadium, Afrika Selatan

Stadion ini menjadi stadion paling bersejarah di dunia karena di stadion inilah Nelson Mandela pertama kali berbicara di muka umum setelah keluar dari penjara pada tahun 1990. FNB Stadium menjadi stadion sepakbola terbesar dunia ke-5 dengan kapasitas stadion yang dapat menampung 94.736 penonton.

 

4. Estadio Azteca, Meksiko

Tidak hanya sekali namun dua kali menjadi tempat diselenggarakannya final World Cup sejak pertama kali dibuka pada tahun 1966. Dengan kapasitas stadion yang mencapai 98.500 penonton, membuat stadion kebanggaan warga Meksiko ini menjadi stadion sepakbola terbesar ke-4 di dunia.

 

3. Camp Nou, Spanyol

Stadion Camp Nou dibuat secara khusus di bawah permukaan tanah. Stadion yang menjadi kebanggaan Spanyol ini dapat menampung hingga 99.354 penonton. Camp Nou resmi dibuka pada tahun 1957 kemudian diperbesar pada tahun 1982. Pada tahun 2008, stadion ini mengalami perbaikan untuk menjaga kualitas dari stadion.

 

2. Salt Lake Stadium, India

Stadion ini pernah menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan persahabatan bersejarah antara Argentina dan Venezuela. Dengan kapasitas 120.000 penonton, Salt Lake Stadium tidak hanya menjadi lapangan sepakbola saja melainkan sejumlah perlombaan ateltik juga dilakukan disini.

 

1. Rungrado 1st of May Stadium, Korea Utara

Stadion Rungrado ini adalah stadion terbesar di Korea Utara dan sekaligus terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai 150.000. Stadion Rungrado selesai dibangun pada 1 Mei 1989. Terkadang stadion ini juga menjadi stadion tempat diadakannya Arirang Festival dimana di dalamnya termasuk gymnastic dan festival artis. Gak nyangka yah!

 

Okay folks itulah dia 10 stadion terbesar di dunia. Kalo kamu sendiri, stadion apa yang pengen banget kamu kunjungi? Komen dibawah yah! Bagi kamu yang belum subscribe, yuk disubscribe dulu folks! Kita dukung channel ini supaya makin bermanfaat dan menjadi hiburan bagi banyak orang. Makasih yah!