Terbongkar! Inilah Cara Kerja Kamera Dual-Aperture Galaxy S9!

Salah satu fitur andalan dari Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus adalah kamera dual-aperture. Fungsinya adalah kamera ini bisa diganti lebar bukaan (aperture) lensanya, antara f/1.5 dan f/2.4. Bagaimana sih cara kerjanya?

Baru-baru ini sebuah situs yang terkenal suka membongkar isi dari smartphone yang bernama iFixit baru saja menelaah isi dari jeroan kedua ponsel Glaxy S9 dan S9 Plus. Hasilnya, kedua smartphone tersebut mengubah aperture dengan mekanisme mirip lensa kamera DSLR atau Mirrorless yaitu menggunakan bilah aperture untuk mengatur bukaan dari lensa kameranya sehingga bisa berubah menjadi besar f/1.5 atau kecil f/2.4.

Apabila kamera DSLR dan Mirrorless menggunakan aperture berjumlah 5,7,9 bilah, atau lebih. Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus hanya menggunakan dua bilah aperture berbentuk mirip cincin.

Lalu apa sih fungsi dari fitur pembukaan bila aperture tersebut?

Untuk pembukaan bilah f/1.5 digunakan pada saat keadaan cahaya disekitar sedang kurang/low-light, sedangkan pembukaan f/2.4 digunakan saat pencahayaan di sekitar sedang melimpah agar hasil tangkapan foto nya maksimal.

 

Tinggalkan Balasan