WOW! ILMUWAN BARU MENEMUKAN MAKANAN YANG SUDAH BERUSIA RIBUAN TAHUN!

Makanan biasanya tidak pernah bisa tahan lama apabila tidak disimpan dengan baik. Itulah sebabnya, sangat jarang ditemukan bukti arkeologis berupa makanan pada masa lalu.  Oleh sebab itu, para ilmuwan hanya bisa menerka-nerka berdasarkan bukti sejarah yang ada.

Namun beberapa waktu terakhir ini, para ilmuwan berhasil menemukan makanan yang telah berusia hingga ribuan tahun masih awet sampai sekarang. Ajaib kan? Makanan apa aja? Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak videonya folks!

 

6. Dendeng Daging di China

Dendeng berusia 2000 tahun ini ditemukan dalam sebuah wadah perunggu yang tertutup cukup rapat. Dendeng sapi itu disegel dalam pot perunggu untuk ‘memberi makan’ pada jenazah dalam perjalanan mereka ke akhirat.

Karena proses oksidasi perunggu maka daging ini berubah menjadi hitam dan hijau. Temuan ini sekaligus menandai daging tertua yang pernah ditemukan. Awetnya bentuk dendeng ini menunjukkan bahwa sebelum disimpan, dendeng ini telah mengalami proses pengeringan yang sempurna.

 

5. Mie di China

Para arkeolog menemukan semangkuk mi di China. Mi kuning panjang itu diawetkan di dalam mangkuk terbalik yang terkubur di bawah 10 kaki kotoran. Mi itu mungkin terkubur setelah gempa kuno membanjiri Sungai Kuning.

Banjir itu mengawetkan mi dalam ruang hampa antara sedimen dan mangkuk. Meski rasa mi sudah tidak enak karena selama 4.000 tahun tertutup kotoran, tapi memberi petunjuk jika China sudah lebih dahulu mengenal mi daripada Italia.

 

4. Roti gosong berusia 5.500 tahun

Para arkeolog menemukan roti, terbuat dari barley, di sebuah lubang dekat Oxford. Pada awalnya, temuan ini disangka sebagai sebuah arang karena warnanya namun karena ditemukan gandum di dalamnya maka baru dikenali bahwa ini adalah roti.

Mengingat usianya, roti ini diperkirakan merupakan buatan dari penduduk pertama yang tinggal di Inggris 5.500 tahun yang lalu.

 

3. Mentega Irlandia

Di Irlandia 3000 tahun yang lalu, cara menyimpan mentega yang paling umum dilakukan adalah dengan merendamnya di dalam lumpur. Pada tahun 2009, ternyata muncul bukti penggunaan cara ini dengan ditemukannya sebuah wadah yang penuh berisi mentega.

Kondisi mentega itu telah berubah menjadi putih dan memiliki tekstur seperti lilin, tetapi temuan tersebut masih dapat dikenali sebagai mentega. Ada yang mau bikin kue?

 

2. Keju di Mumi China Kuno

Mumi-mumi ini diawetkan dengan makanan ringan keju sebagai bekal kehidupan setelah kematian. Sekelompok arkeolog menemukan 200 mumi yang dimakamkan di Gurun Taklamakan, China.

Mumi itu hampir berusia 4.000 tahun dan mereka masih mengenakan pakaian lengkap saat dimakamkan. Mumi-mumi ini juga membawa makanan berupa potongan keju yang diikat di leher.

Tanah kering dan asin di padang pasir mengawetkan mumi serta keju purba selama ribuan tahun.

 

1. Wine berusia 1.700 tahun dari makam

Pada masa kuno, ketika akan dimakamkan, orang romawi yang kaya atau memiliki kedudukan tinggi cenderung untuk membawa beberapa barang bersama mereka ketika dikuburkan. Salah satu barang yang ditemukan bersama dengan ditemukannya makam romawi adalah minuman anggur ini.

Minuman ini masih awet karena botol yang digunakan untuk menyimpannya sudah dilindungi menggunakan minyak zaitun. Usia dari minuman ini diperkirakan adalah 1700 tahun. Hari ini, anggur kuburan Romawi ada di Museum Sejarah Palatinate di Speyer. Katanya, semakin tua rasa wine akan semakin enak. Ada yang berani coba?

 

Okay folks itulah dia 6 makanan yang telah berusia ribuan tahun. Gak nyangka yah makanan-makanan tersebut berhasil melalui ribuan tahun tanpa mengalami kerusakan! Kalau kamu suka video ini, jangan lupa klik tombol like dan subscribe yah folks! Makasih!